Senin, 02 Juli 2012

Pelayanan TIKI Jember yang Bikin *tepok jidat*

Beberapa hari lalu saya sempet ngirim flashdisk ke mbak kos yang minta dikirimin film. Waktu itu saya akhirnya memutuskan kirim barang itu lewat kantor pos, padahal sebelumnya saya rada alergi ke kantor pos dan lebih milih TIKI atau JNE. Sebelumnya saya punya pengalaman buruk sama kantor pos, terutama pelayanan petugas di bagian resepsionis yang bikin saya jengkel setengah mati. Tapi lupakan itu ... karena sekarang kayaknya kantor pos kota saya so much better dibanding beberapa tahun lalu.

Btw, kenapa saya akhirnya malaaaas sekali pergi ke TIKI Jember (perlu diingat, pelayanan TIKI di tiap kota pasti berbeda-beda, jadi mungkin TIKI di kota lain punya pelayanan lebih bagus dan nggak ada kasus kayak saya :D)? Sekitar setahun yang lalu (pertengahan tahun 2011 lah), saya ngirim paket ke mbak kos yang tinggal di ujuuung pulau Sulawesi, saya lupa... mungkin di Pulau Sangir atau apa gitu namanya.
Waktu itu saya datang ke TIKI, bawa paket segede kardus HP. Petugas TIKI baca alamat yang tertera di situ dan mengerenyitkan dahi. Karena insiden itu udah setahun yang lalu, saya agak lupa gimana kronologisnya. Yang jelas, dua petugas yang ada di situ sempat ngomong-ngomong soal alamat yang ada di paket saya. Inti obrolan kedua petugas itu: alamat yang ada di paket adalah alamat suatu tempat terpencil yang ironisnya nggak terdaftar di database TIKI.

Saya lupa obrolan apa yang terjadi antara saya dan si petugas waktu itu. Yang saya ingat, petugas sempat tanya-tanya soal lokasi pengiriman yang sebenarnya nggak saya kenal. Mereka tanya, ini di bagian Sulawesi mana, termasuk kawasan apa, dan bla-bla-bla. Petugasnya juga sempat bilang kalau paket ini bisa aja dikirim tapi cuma sampai Manado (kalau nggak salah ingat sih), nanti si penerima disuruh ambil sendiri ke kantor TIKI. Waktu itu saya langsung nolak, gila aja nyuruh mbak kos saya repot-repot datang ke kantor TIKI.
Akhirnya saya nggak jadi ngirim lewat TIKI dan beralih ke JNE. Selama perjalanan ke JNE, waktu itu saya cuma mikir kalau mungkin TIKI emang bener. Lokasi pengiriman itu bener-bener daerah terpencil yang nggak bisa dijangkau, dan hal ini bikin saya jadi sangsi... apakah JNE mampu ngirim paket saya ke tempat mbak kos?

Ternyata bisa! Tanpa banyak tanya macam-macam atau berdebat dengan petugas lainnya kayak di TIKI, si petugas nerima paket saya, baca alamatnya, lalu entah mengetik apa di komputernya. Saya cuma dikasih satu pertanyaan waktu itu (lupa kalimat persisnya, intinya sih cuma nanya: ini di kepulauannya ya, Mbak?). Daaan... taraaa... akhirnya paket sukses dikirim. Sayangnya, ada masalah sama JNE di lokasi tujuan. Saya nggak paham gimana masalahnya, mungkin semacam tertahan di kantor JNE sampe mbak kos saya harus telepon ke kantor JNE bolak-balik.

Dari sini, saya berkesimpulan kalau JNE masih lebih baik dari TIKI. Itu kesimpulan setahun lalu....

Beberapa bulan setelah itu, sekitar akhir tahun 2011, saya mau ngirim paket lagi. Kali ini tujuannya ke Probolinggo, masih tergolong tetangga dengan kota saya karena cuma sekitar 2-3 jam perjalanan dari Jember. Kalau saya nggak salah inget, saya ngirim paket ke Mayangan, Probolinggo.

Sampai di TIKI, saya serahin paket itu dan diperiksa oleh si petugas. Setelah baca alamatnya (yang lengkap mulai nama jalan, nomor rumah, RT, RW, keluarahan, kecamatan, kota, kode pos, sampai nomor HP), si petugas tanya, apakah alamat ini masih di dalam kota Probolinggo. Karena saya rada-rada nggak nyambung dengan maksud pertanyaannya, saya jawab 'iya, mbak, alamatnya emang di Probolinggo'.

Si petugasnya lalu benerin pertanyaannya, apakah alamat paket ini masih termasuk dalam kawasan 'kota' atau di kawasan pinggiran. Saat itu juga saya berasa pengen tepok jidat, saya nggak pernah tahu kalau pengirim paket harus bener-bener kenal betul dengan lokasi pengiriman sampai poin terdetail.

Saya akhirnya jawab 'kurang tahu, mbak, temen saya ngasih alamatnya ya kayak gitu'. Tapi si petugas kayaknya ragu-ragu, dia bilang kalau TIKI harus yakin apakah alamat tujuan paket saya itu berada di dalam 'kota' atau masuk area 'pinggiran'. Saya pun tanya, 'jadi paket saya ini bisa dikirim atau nggak?'. Balasannya sama seperti sebelum-sebelumnya, TIKI harus tahu di mana tepatnya alamat tujuan paket saya. Saya agak lupa si petugasnya ngomong apalagi, intinya kalau nggak tahu apakah alamat itu dalam 'kota' atau bukan, takutnya paket bakal nyasar. Astaga... *facepalm*.

Akhirnya dengan hati rada jengkel, saya keluar lagi dari kantor TIKI dan bermaksud pergi ke JNE. Selama perjalanan, di dalam mobil saya sempet ngobrol sama kakak saya soal alamat Probolinggo itu (kakak ipar saya tuh orang Probolinggo). Pas kakak saya tahu alamatnya, dia bilang kalau daerah Mayangan itu masih termasuk kawasan populer di Probolinggo , which means Mayangan itu bukan area pinggiran yang alamatnya susah banget dicari dan seharusnya jasa pengiriman sekelas TIKI pasti tahu area tersebut .

Btw, waktu itu akhirnya saya nggak jadi ke JNE dan mendarat ke Pandu Logistic karena lokasinya satu arah sama TIKI. Karena terpengaruh insiden sebelumnya dan trauma sama TIKI, sebelum nyerahin paket... saya sempat tanya ke petugasnya: Mbak, bisa ngirim paket ke Probolinggo, kan?..... si petugas tersenyum dan menganggukkan kepala.

Ya ampun, saya seperti orang bodoh tanya kayak gitu. Gimana nggak? Probolinggo itu kan bukan kota terpencil, masih deket sama Jember, jadi jasa pengiriman apapun harusnya BISA ngirim paket saya. Btw, tanpa banyak cincong, akhirnya paket saya diterima tanap hambatan oleh Pandu Logistic, dan besoknya langsung sampai ke tangan teman saya.

Kasus pertama (ngirim paket ke kepulauan terpencil di Sulut), saya masih bisa -- berusaha -- memaklumi. Karena daerahnya memang sulit dicapai. Nah, di kasus kedua ini yang saya nggak habis pikir. Kok bisa-bisanya TIKI nggak sanggup ngirim paket ke Probolinggo? Ups, ralat... sebenernya mereka sanggup, hanya saja harus bener-bener tahu alamat tujuannya (sementara alamat yang tertera di paket saya udah lengkap sekali dan valid, terbukti bisa dikirim lewat jasa pengiriman lain dalam waktu cukup singkat).

Sejak insiden kota Probolinggo itu, saya nggak pernah lagi ke TIKI. Saya lebih milih kantor pos yang nggak pernah nolak alamat manapun atau ke JNE sekalian. Yah... sekali lagi, setiap TIKI di kota-kota lain pasti berbeda, jadi saya nggak men-judge kalau TIKI itu buruk secara keseluruhan, mungkin hanya di cabang kota saya aja. Buktinya, dulu saya sering banget pakai TIKI dan nggak ada masalah, nggak tahu kenapa kok kemarin mendadak ketemu problem kayak gitu :D

1 komentar:

  1. thanks y gan utk infonya, ga tau nih saya pesen barang blum sampai-sampai!!!
    ; (

    BalasHapus