Senin, 02 Juli 2012

Mr.Brain (2009)

Warning: Mungkin mengandung SPOILER!



Karena saya masih sangat baru dalam dunia perdoramaan, jadi jangan heran kalau saya curhat soal dorama-dorama yang tergolong lawas :D salah satunya adalah Mr.Brain yang saya tonton  sekitar pertengahan 2011 lalu. Kenapa baru curhat sekarang? Karena kemarin ada mbak kos yang mendadak minta rekomen film-film crime, entah kenapa langsung kepikiran Mr.Brain, haha.

Mr.Brain bercerita tentang neuroscientist, Tsukumo Ryusuke (Kimura Takuya), yang memiliki kemampuan otak cerdas. Dia bekerja di -- kalau gak salah -- namanya IPS (Institute of Police Science), semacam lembaga penelitian kepolisian yang menangani berbagai macam kasus kriminal. Di sini, Tsukumo mulai ketemu dan mecahin satu-persatu kasus dengan bantuan asisten ceweknya yang bernama Yuri Kazune (Ayase Haruka).

Gimana pendapat saya? Hmm... pertama, ada dua hal yang bikin saya tertarik nonton Mr.Brain, yaitu genre dorama dan cast-nya. Yup, i love semua cerita yang berbau-bau misteri, teka-teki, atau apapunlah semacam itu. Dan di sini, saya mendadak 'ketemu' KimuTaku, si om-om cakep yang saya kenal lewat dorama Long Vacation saat saya masih SD XD~

Terlepas dari KimuTaku, saya suka dengan karakter Tsukumo yang... nyentrik, ceplas-ceplos, kelihatan konyol, tapi punya otak encer, tipe ilmuwan gila deh menurut saya. Sejumlah analisis-analisis kasusnya atau bagaimana dia menjebak si pelaku, semuanya bener-bener nunjukin kalau Tsukumo itu cocok jadi Mr.Brain.


KimuTaku sendiri pas banget meranin karakter ini, hanya saja.... saya nggak ngerti kenapa penampilan Tsukumo kayak gitu. Baju yang 'aneh' plus nggak pernah ganti, ditambah lagi dengan rambut gondrong nggak teratur.

Ayase Haruka yang wajahnya menurut saya tergolong mellow ini juga pas meranin Yuri, asisten yang 'bodoh'+polos. Dia sukses jadi bulan-bulanan Tsukumo dalam sejumlah eksperimennya. Saya sampai ketawa pas adegan si Yuri ini lari-lari dari toilet menuju ke panggung tempat Tsukumo lagi presentasi. Dengan panik, Yuri ngasih tahu kalau ada bom di dalam gedung. Bukannya ikut panik, semua penonton yang ada di ruangan itu langsung tepuk tangan. Kenapa? lihat sendiri aja deh doramanya :D

Kemunculan Tanbara (Kagawa Teruyuki) dan Hayashida (Mizushima Hiro) juga cukup bikin suasana film ini jadi lebih segar. Tanbara, si polisi detektif yang sentimen banget sama Tsukumo ini kelihatan galak, tapi ironisnya... dia jadi kelihatan lebih bodoh di depan Tsukumo. Cast-nya cocok banget, kelihatan galak dan nggak mau ngalah :D
Hayashida (saya lupa peran dia tuh apa di kepolisian, semacam asistennya Tanbara kali ya? :D) digambarkan seperti seorang pemula yang gampang takut, penurut, dan dia pro Tsukumo. Poin terakhir ini yang bikin Tanbara jadi sering marah-marahin si Hayashida.



Secara keseluruhan... ceritanya bagus, recomended buat pecinta genre crime-mistery gitu deh. Selain itu ada sejumlah fakta yang berhubungan dengan science yang bisa menambah wawasan. Misalnya, makan manis-manis itu bagus buat otak (saya mendadak teringat L-nya Death Note yang suka makan manis dan berotak cerdas XD~), atau pengetahuan bahwa bermain shiritori (game semacam sambung kata gitu) bisa merefresh otak.

Satu hal lagi yang bikin dorama ini terlihat 'berkelas' adalah cukup banyaknya bintang-bintang keren di dorama ini dalam setiap episodenya. Selain KimuTaku, Ayase Haruka, dan Hiro, ada juga Kamenashi Kazuya (cool seperti biasa :D), si tante Koyuki (istrinya MatsuKen >.<), Gackt (astaga... Gackt kelihatan serem matanya di sini >.<), Nakama Yukie (guru konyol di Gokusen), Sato Takeru (yang jadi Kenshin nih), Katori Shingo (temennya KimuTaku sesama SMAP), dan ada si tante cantik Hirosue Ryoko di awal-awal episode 1.

Nah, ngomong-ngomong soal episode 1, pasti banyak yang bingung... itu apa hubungannya cerita Mr.Brain sama keberadaan KimuTaku (yang kayaknya) sebagai host itu? Kesimpulan paling masuk akal adalah... Tsukumo yang cerdas ini 'tercipta' karena si host yang mendadak kejatuhan bangunan itu. Otaknya mungkin mengalami kerusakan but somehow jadi cerdas. Atau mungkin aslinya udah cerdas, tapi kecelakaan itu seolah membangunkan kecerdasan Tsukumo. Oke... analisis saya mulai ngawur-ngawur XD~

But... yang jelas episode satu itu seolah menjelaskan kenapa Tsukumo bisa exist. Ceritanya samar, seolah sekedar tempelan di episode awal, apalagi nggak ada penjelasan apa-apa tentang insiden itu di episode-episode selanjutnya. Dari sini saya yakin kalau Mr.Brain bakal ada sekuelnya atau minimal SP-nya lah, jadi penonton tuh tahu apa hubungannya Tsukumo sama insiden di episode awal itu (yang juga bikin saya yakin, kayaknya nggak mungkin si tante cantik Ryoko cuma nongol beberapa menit tanpa berhubungan dengan cerita Mr.Brain :D)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar