Kamis, 05 Juli 2012

My First Dorama In My Life

Kalau sebelumnya saya curhat soal 1st manga, sekarang saya mau curhat soal my first dorama alias dorama pertama yang saya tonton dilanjut dengan dorama-dorama lainnya.

Sama seperti kebanyakan dorama lovers, 1st dorama yang saya tonton pasti Oshin (saya kurang tahu judul aslinya apaan :D).

Jangan tanyakan ceritanya, karena saya waktu itu masih kecil dan cuma ikut-ikutan nonton Oshin di TV :D jadi saya nggak inget banyak soal Oshin kecuali setting film yang sangat lawas.

Ada juga Rindu-Rindu Aizawa, tapi nggak inget nih dorama nongol tahun berapa... hehehe.


 
1995-1997


Oshin emang 1st dorama, tapi jelas nggak bikin saya kecanduan.
Dorama pertama yang bikin saya mulai suka film-film Asia adalah Tokyo Love Story, salah satu dorama yang paling melegenda di tanah air (halah, berlebihan :p ). Saya agak lupa-lupa ingat soal ceritanya si Kanji dan Rika, yang jelas waktu itu diputer di Indosiar, malam hari... kalau nggak salah hari Rabu.
Setelah itu muncul Long Vacation yang dibintangi si raja dorama Kimura Takuya. Waktu itu aku juga ngikutin dorama itu walau nggak begitu ngerti ceritanya (maklum, saya masih SD banget waktu itu :p ). Tapi setelah itu saya mulai meninggalkan dorama karena di TV emang udah mulai jarang film-film Jepang.


2000-2003


Saya kurang inget kapan tepatnya saya mulai nonton Great Teacher Onizuka, film genre school paling recomended yang akhirnya menular ke dorama-dorama lain untuk membuat cerita serupa. Entah tahun 1999 atau 2000, yang jelas saya mulai kembali suka sama J-drama gara-gara GTO.

Tahun 2001, saya ketagihan nonton Beach Boys yang tayang di Indosiar sekitar jam 1 siang. Sejak itu virus dorama mulai kambuh lagi, apalagi waktu itu cukup banyak dorama yang nongol di TV. Sebut aja Majo no Jouken yang bikin saya suka sama Hideaki Takizawa, ada Strawberry on Short Cake, Itazurra na Kiss, News no Onna, lumayan banyak ya?

Tapi walau suka dorama dan cukup ketagihan, rasa ketagihan saya waktu itu belum bener-bener gede. Mungkin karena dibatasi oleh penayangan di TV dan waktu itu saya belum ngerti gimana cara download film :D Apalagi di tahun-tahun itu saya lebih ketagihan sama komik/manga dan anime, jadi nggak terlalu yang 'wah' dengan keberadaan dorama.


2007


Setelah tahun 2003-2004, saya bener-bener buta sama dorama, bener-bener nggak kepikiran buat nonton film Jepang dan saya tetep ketagihan komik dan anime waktu itu. Barulah sekitar tahun 2007, kakak saya ngenalin saya ke dorama Gokusen.
Waktu itu serasa nostalgia lihat J-drama, ngakak-ngakak nonton Gokusen yang penuh kekonyolan dan mulai suka sama Sawada Shin yang diperanin Matsumoto Jun (waktu itu saya cuma nonton 3-4 episode). Tapi, lagi-lagi karena kendala download, saya nggak leluasa untuk bisa nonton dan mengandalkan hasil downloadan di warnet. Maklum, tahun segitu saya belum kenal modem GSM seperti sekarang dan satu-satunya internet yang ada di rumah masih asli dari Telkom yang lumayan mahal.

Sejak nonton Gokusen, saya mulai nonton dorama-dorama lain. Tapi sayang, karena saya ngrampas downloadan warnet... jadi banyak dorama yang nggak jelas dan nggak sesuai keinginan saya. Gara-gara hal itu, lagi-lagi rasa keranjingan saya terhadap dorama kembali redup.


2011-Present


Saya kembali buta soal dorama. Saya lebih banyak nonton film barat, di TV sendiri bertebaran K-drama yang seolah menguasai bermacam-macam stasiun televisi (khususnya Indosiar). Bukannya nggak tertarik K-drama, kadang saya nonton juga kok, sempet nonton BBF waktu itu, tapi nggak sampai ketagihan.
Nah, sekitar bulan Februari 2011, saya lagi nyemplung ke suatu situs download buat nyari film barat. Mendadak saya nemuin Live Action Detective Conan versi pertama (yang diperanin Shun Oguri). Karena udah kangen nonton j-movie dan saya emang suka Detective Conan, akhirnya saya nonton lewat video Youtube, males download waktu itu.

Bisa dibilang Det.Conan adalah J-movie yang bikin saya ketagihan dorama sampai sekarang. Gara-gara nonton Detective Conan itu saya jadi suka sama Shun Oguri. Saya jadi lupa sama film barat yang mau saya download, saya malah browsing film apalagi yang dibintangi sama si Oguri. Saya pun digiring ke film Detective Conan 2 dan Ghost Train. Setelah itu saya baru tahu kalau Oguri main di Gokusen, jadilah saya download film Gokusen 1 lengkap dari episode1-SP.

Sejak itu saya mulai download dorama cukup banyak plus minta tolong pacar saya yang kerja di ISP buat downloadin dorama seabrek, mulai dari Hana Yori Dango, Hana Kimi, Nodame, Kindaichi, Galileo, Nobuta wa Produce, Zettai Kareshi, Bloody Monday, Proposal Daisakusen, pokoknya banyak banget. Saking banyaknya, sampai sekarang banyak juga dorama yang belum sempat saya tonton karena saya emang nggak sempet nonton dorama lama-lama.

So, my 1st dorama yang saya tonton memang Oshin, tapi 1st dorama yang bikin saya bener-bener ketagihan dorama adalah Det.Conan, hmm.... bukan dorama sih, tapi J-movie, tapi nggak apa-apa, deh. XD~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar