Sabtu, 08 Oktober 2011

Pelanggan Konter 1

Selama buka konter pulsa, banyak suka dukanya deh walau bisnisku ini baru jalan beberapa bulan.
Salah satunya adalah menghadapi pelanggan dengan berbagai watak :D
Ada yang suka curhat, ada yang berwajah jutek, ada yang pendiem walau dibecandain, ada yang enak diajak ngobrol, pokoknya muacem-muacem, hehehe.

Tadi pas buka konter (malam), ada seorang cowok umur 20 tahunan datang ke konter. Seingetku sih dia bukan pelanggan tetap dan kayaknya baru kali itu aku ngeliat muka dia (kayaknya sih :D ).
Ternyata tuh cowok mau beli perdana Flexi, ya udah deh... aku tunjukin perdana Flexi di lemari kaca sambil jelasin harga plus pulsanya. Setelah tuh cowok milih nomor, aku ambilin dan aku kasih ke tuh cowok.
Lalu terjadi percakapan kayak berikut:

Aku (A): 6500, Mas.
Cowok (C): bisa diisiin pulsa?
A: oh, langsung diaktifin, ya?
C: kalo langsung diisi pulsa, bisa gak?
A: enggak bisa, Mas. Harus diaktifin dulu, baru pulsanya mau masuk.
C: *kelihatan mikir* mm.. ya udah minta tolong aktifin aja, tapi pinjem HP sini ya, Mbak. Soalnya itu mau dipakein ke modem
A: *mikir kalau tuh cowok enggak punya HP CDMA* oh, bisaaa...

Akhirnya aku ambil HP Flexiku dan masukin sim Flexi baru itu ke HP. Si masnya duduk nyantai sambil ngeliatin, tanpa protes, tanpa interrupt, pokoknya diem aja.
Pas aku udah masuk ke menu pendaftaran (kalau mau aktifin kartu kan disuruh ngisi data tuh) aku langsung tanya ke si cowok itu.
"Mas, ini kartunya udah mau aku aktifin, datanya diisi terserah, ta?" tanyaku. Si cowok cuma bilang 'iya' dengan nada pasrah.

Memang, setiap ada pembeli yang mau aktifin kartu, aku selalu nawarin apakah data di simcard diisi dengan data sesuai KTP pembeli atau diisi dengan data ngawur :D setelah dapat persetujuan pembeli, baru aku aktifin.

Btw, aku aktifin kartu Flexi si cowok tadi. Agak lama karena HP CDMA-ku rada lelet, dan si cowok tadi tetep diem nungguin. Begitu selesai, aku kasih tuh kartu ke si cowok tadi.
"Mas, kartunya udah aktif. Mau langsung diisi pulsa?"
Si cowok tadi kelihatan bingung.
"Lho, kok udah aktif?" dia nanya.
"Hah?" aku bengong.
"Maunya saya aja yang ngaktifin, Mbak."
Aku cuma ngerutin dahi, rada enggak ngerti sama ucapan dia.
"Maksud saya tuh, saya pinjem HP konter sini, tapi saya aja yang ngaktifin pake KTP saya," kata tuh cowok sambil berdecak, kayaknya nyalahin aku banget.

Asli deh... waktu itu aku langsung bete sama tuh cowok.

"Masss, lain kali kalau mau ngaktifin sendiri tuh bilang," kataku dengan nada disabar-sabarin."Tadi kan sebelum aku aktifin, aku udah nanya. Datanya tuh mau diisi terserah/ngawur atau enggak? masnya bilang iya, ya udah aku aktifin."

Si cowok udah kelihatan bete karena kartunya ak aktifin pake data ngawur. Aku sendiri cuma geleng-geleng kepala.

Aku sendiri mikir, entah siapa yang salah, yang jelas ada misscom di antara kami.
Jadi, pesan buat para pembeli kartu perdana...
Belilah kartu yang Anda kehendaki, dan kalau mau diaktifin... tolong dijelasin, mau diaktifin sendiri, diaktifin penjaga konter, datanya ngawur atau sesuai KTP, jadi enggak terjadi kayak kasusku di atas :D

5 komentar:

  1. aki..blog-blog yang kamu ikuti itu..mencari dimana?

    BalasHapus
  2. maksudnya? blog yang aku ikutin tuh ada blog temenku, ada juga yang tiba-tiba nemu aja di google

    BalasHapus
  3. oh.. begitu..aki..kamu suka jepang ya?

    BalasHapus
  4. suka sih suka, tapi gak fanatik2 amat, hehehe, buktinya aku gak bisa ngomong jepang XD~

    BalasHapus
  5. ahahaha..sepertinya seru ya kalau sudah bisa menerbitkan novel kita..aku juga pengen begitu..
    tapi proses pembuatan novelku terhambat sama ujian sekolahku..-____-

    BalasHapus