Sabtu, 09 Juli 2011

Si XL ribet dan Pengalaman Daftar ke Dompet Pulsa (XL)

Hampir satu bulan lamanya aku jualan pulsa bareng kakakku, alhamdulillah lancar... rejeki ngalir walau ada beberapa hambatan. Salah satu hambatannya itu ada pada salah satu provider, XL. Tahu dong provider yang satu ini... :D

Mungkin konsumen enggak sadar atau malah enggak tahu sama sekali tentang apa yang terjadi sama XL (halah). Tapi buat pemain bisnis pulsa, XL jadi salah satu provider yang cukup 'ribet'. Dan 'keribetan' ini disusul sama dua provider besar, yaitu Telkomsel dan Indosat.

Nah, apa sih 'keribetan' yang aku maksud?
Intinya, XL menerapkan sistem hard clusterisasi (udah clusterisasi, pake embel-embel hard pula). Jadi, buat penjual pulsa sih rada-rada ribet juga (konsumen mah enggak bakalan tahu dan enggak mau tahu :D ).
Setahuku, clusterisasi (dalam soal pulsa ini lho ya) itu pembagian wilayah untuk pengisian pulsa. Jadi beda area, beda pula kode pengisiannya. Misal untuk nomor XL Jawa Timur, kodenya A. Nah, untuk nomor XL luar Jatim, kodenya B. Pokoknya kira-kira kayak gitu deh.

Mulai beberapa bulan lalu si XL nerapin hard cluster, intinya Xl udah mulai membatasi pasokan pulsa ke server manapun, termasuk server yang jadi pendukung jualan pulsaku. Membatasi gimana sih? Ya... pokoknya dibatasi (bayangin, kode transaksi udah dipilah-pilah, sekarang pake dibatasi pasokannya). Makanya, pernah tuh aku mau ngisiin pulsa ke salah satu pelanggan. Dia mau ngisi pulsa 10, ternyata stok dari server lagi kosong.

Pernah juga ada pelanggan yang mau ngisi pulsa ke aku, ternyata nomor dia tuh luar area (luar Jatim), sedangkan stok pulsa khusus luar area di serverku lagi kosong juga. Pokoknya XL paling ribet dah di tempatku, stok sering kosong karena emang pasokannya dibatasi sama XL, sedangkan si sever udah punya downline banyak (enggak cuma aku doang). Kebayang dong gimana susahnya, pasokan dikit tapi yang butuhin banyak, jadinya ya sering habis dan downline lainnya enggak kebagian. Padahal provider lain yang ikutan clusterisasi aja masih nyantai, stok masih berlimpah. Enggak pernah gangguan, pokoknya transasksi selalu lancar.

Karena XL yang ribet plus bikin jengkel, akhirnya aku dan kakakku mutusin buat daftar Dompet Pulsa (distributor utama punya XL nih). Jadi ntar aku punya chip khusus dari XL (bukan chip all operator) dan khusus buat ngisi pulsa XL. Stoknya? Insya Allah selalu tersedia, kan dari XL langsung (dengan catatan, aku bukan pemain server, tapi murni penjual pulsa langsung ke konsumen :D ).

Kronologis Pendaftaran DomPul (Dompet Pulsa)

Hari Minggu:
Aku tanya sepupuku yang kerja di delaer Indosat, tanya letak DomPul di Jember tuh di mana. Dikasih tahu dan akupun langsung meluncur ke sana. Karena ternyata hari Minggu, tuh DomPul tutup. Enggak jadi daftar.

Hari Senin:
Aku sendirian ke daerah kampus buat nambah deposit ke server pulsaku (yang chip all operator) lalu lanjut ke DomPul. Di Jember nama distributor XL-nya tuh Sa********ng (kalau aku liat di web-nya sih berpusat di Banyuwangi), bertempat di daerah kampus dan tepat di depan SMA 2 (mantan sekolahku, nih. Hehehe).

Sampai di DomPul, aku langsung masuk dan mulai mengrutkan kening, soalnya tuh toko kelihatan sepi. Aku selingak-celinguk, ternyata ada seorang cowok gitu lagi sibuk sama komputernya (entah ngapain :D ).
Aku langsung datang dan nanya. Kira-kira begini percakapannya:

Aku (A): Mas, mau tanya, kalau mau daftar dompet pulsa gimana, ya?

CS: *berdiri lalu ngambil sebuah HP di sakunya* oh, langsung hubungi salesnya aja, Mbak.

A: *bingung* mmm... gitu, ya.. emang kalau daftar di sini enggak bisa?

CS: *ngambil sebuah kertas kecil* Mbaknya langsung telpon aja ke salesnya, nanti mbak daftarnya ke dia. Besok-besoknya, kalau ada perlu, mbak langsung telepon salesnya aja, jadi mbak gak usah repot-repot datang ke sini. Konter mbak di daerah mana?

A: Patrang.

CS: *nyari nope di ponsel qwerty-nya, lalu nulis sebuah nope ke kertas kecil tadi* ini nomornya sales. Mbak langsung hubungi dia aja, ya.

A: *celingak-celinguk nyari brosur atau semacamnya, tapi enggak ada, cuma majalah* mmm... emang caranya daftar gimana, mas? syarat-syaratnya?

CS: Mbak langsung telepon salesnya aja, nanti biar dia yang jelasin *sambil nyerahin kertas berisi nope tadi*

A: *udah mulai ilfil* oh, oke... makasih...

Akhirnya setelah percakapan sangat singkat plus diwarnai suara jutek dari CS-nya XD~ aku keluar dari tempat DomPul dengan hati dongkol. Udah panas-panas... nunggu angkot lama... eehh, enggak bisa daftar juga ke DomPul.

Akhirnya aku pulang ke rumah, nyampe rumah jam 2 siang dan langsung buka laptop+inet. Maksudnya sih mau nyari webnya buat nyari nomor telpon si Sa********ng Jember. Mau tanya-tanya tok, siapa tahu CS-nya yang angkat telepon beda sama CS yang ketemu aku sebelumnya. Selidik punya selidik (halah) yang ada cuma nomor telepon di Sa********ng Banyuwangi. Ada sih YM, tapi enggak dibales.

Dengan hati masih agak dongkol, aku akhirnya telepon si sales, sebut aja si Pak A. Percakapannya kira-kira begini:

Aku: Pak, mau tanya nih, kalau mau daftar DomPul gimana, ya?

Pak A: Oh, jadi gini Mbak. Syaratnya ada dua (dalam hati aku lega, suaranya bersahabat dan langsung to the point ngasih tahu syaratnya). Pertama, sebulan tuh harus ada minimal 30 transaksi. Kedua, tiap minggu harus ngambil stok ke kami.

Aku: Mmm... gitu, ya? terus syarat lainnya lagi enggak ada, Pak?

Pak A: Enggak ada, cuma dua itu.

Aku: Emang enggak ada syarat pengambilan ya, Pak? Misal, tiap ngambil stok tuh harus minimal sekiaaan gitu. Ada minimalnya enggak sih, Pak?

Pak A: Mm.. enggak ada, Mbak. Syaratnya cuma dua tadi itu aja.

Itu inti percakapanku dengan si sales. Setelah berbasa-basi, akhirnya hubungan telepon putus tanpa ada kesepakatan apakah aku mau daftar atau enggak (cuma tanya-tanya dulu), soalnya aku juga harus diskusiin ini sama kakakku yang lagi ke Surabaya.

Hari Selasa:
Setelah berdiskusi via SMS, aku dan kakak deal mau daftar DomPul. Toh syaratnya cukup ringan, enggak terlalu beratlah kalau cuma 30 transaksi dalam sebulan plus harus ngambil stok pulsa tiap minggu pluuusss enggak ada minimal pengambilan stok ke XL. Ringan sekali, bukan?! :D kakaku bahkan ngasih tahu aku buat jumlah stok yang harus aku ambil kalau emang daftar. Jumlahnya enggak sampe 200 ribu lah.

Hari itu juga kakakku yang masih di Surabaya, telepon ke si sales atau Pak A itu tadi. Mereka ngobrol dan akhirnya bikin janji. Pak A deal mau ke rumahku (di Jember) keesokan harinya jam 3 sore. Kakakku juga SMS ke aku buat konfirm perjanjian itu. Oke, aku pun siap buat menyambut kedatangan Pak DomPul :D

Hari Rabu:
Jam 2 siang aku udah stand by di ruang depan sambil maenan laptop. Ruang depan juga udah aku beresin setelah sebelumnya amburadul gara-gara ada ponakan main plus rumahku lagi renovasi (kan mau bikin konter :D).
Jam setengah 3, Pak A belum nongol. Jam 3 pas, Pak A tetep belum nongol. Okelah... mungkin ngaret :D aku iseng SMS kakakku buat ngasih kabar kalau Pak A belum datang. Jam setengah 4, Pak A belum juga datang. Okeee... ngaretnya lumayan juga dan aku tetep positif thinking... mungkin dia masih sibuk.
Jam 4 sore, aku mulai jamuran di ruang depan, dan si Pak A belum nampak. Mau SMS/telepon Pak A juga enggak enak, mungkin masih sibuk keliling (kan sales, hehehe).
Jam setengah 5 sore, aku udah putus asa. Aku kasih kabar ke kakak yang ada di Surabaya. Awalnya si kakak mau telepon, tapi enggak jadi. Besok aja teleponnya. Kurang baik apa coba kakakku... dia mikir kalau mungkin si sales capek keliling-keliling kota lalu enggak kuat nerusin perjalanan ke rumahku XD~

Hari Kamis:
Aku dapet SMS dari kakakku berbunyi:

"Aku udah telepon Pak A. Dengan santainya dia bilang kalau dia kemarin lupa mau ke Patrang (daerah rumahku). Dia baru bisa lagi besok jam 3 sore."

Gggrrr.... lupa katanyaaa *facepalm*

Hari Jumat:
Seperti hari Rabu, aku bela-belain bangun dari tidur siangku yang cuma satu jam XD~ jam 2 aku stand by di ruang depan. Paginya, aku udah ngingetin kakakku buat SMS/telp Pak A biar tuh orang enggak lupa. Kakakku juga udah konfirm kalau pagi jam 10, dia udah SMS buat ngingetin Pak A buat ke rumah.
Jam 3 sore, Pak A belum nongol. Jam 3.20 , belum nongol juga. Kakakku berinisiatif buat telepon Pak A lagi. Kira-kira tiga menit kemudian, aku terima SMS dari kakakku yang di Surabaya. Katanya Pak A lagi o-te-we, beliau masih nyampe daerah Gebang (Gebang ke rumahku butuh waktu kira-kira 15-20 menitlah kalau naik motor, bahkan bisa kurang kalau ngebut).
Jam 4, Pak A tetep belum nongol. Kakakku akhirnya telepon lagi, takut si Pak A nyasar atau gimana. And you know what?!!! kata kakakku, si Pak A dengan santainya bilang: "Maaf Mbak, urusan saya belum selesai, masih keliling-keliling dulu, agak sorean jam 5-an enggak apa-apa, ya?"

Ggggrrr.... taring plus tandukku udah keluarrrr! tapi okeee... aku masih mampu bersabar demi DomPul, demi para pelanggan pulsaku.

Jam 5, akhirnya tersangka nongol. Dia berhenti depan rumah, tetep duduk di motornya dan malah telepon kakakku ngasih tahu kalau dia udah ada di depan rumah (asli... kayak cowok yang mau ngapelin ceweknya, enggak berani buat ngetok pagar, hahaha). Akhirnya kakaku telpon ke aku buat konfirm kalau si Pak A udah sampe depan rumah.

Aku keluar, buka pagar, dan mempersilahkan Pak A masuk. Dan inilah percakapan yang terjadi:

Aku: Mmm.. gini pak, saya mau daftar dompul, caranya gimana ya pak?

Pak A: *jelasin tetek bengek dompul, soal minimal transaski dll yang udah aku ketahui*

Aku: terus ada syarat minimal pengambilan stok? *aku mau sekali lagi mastiin*

Pak A: Oh... ada, Mbak.

Aku: (dalam hati, "Apaaa?!!! dulu kau bilang tidak ada, sekarang kenapa kau bilang ada?!") Oh, ada ya, Pak? berapa, tuh?

Pak A: Kalau pulsa yang 5rb, minimal harus ngambil 20 unit. Yang 10rb, ngambil 10 unit. Yang deposit (untuk pulsa 25 ke atas) minimal harus 100 ribu.

Aku: (dalam hati mulai ngitung-ngitung harga, dan mendapat jawaban sekitar 300 ribu lebih.) Oh... gitu ya... oke deh kalo gitu... (walau agak kecewa, aku udah mantepin hati buat tetep daftar). Terus caranya daftar gimana? perlu apa aja?"

Pak A: cuma fotokopi KTP, nanti di baliknya ditulis nama konter, alamat konter, sama nomor yang bisa dihubungi.

Aku: lalu chip-nya?

Pak A: ya harus nunggu dulu. Jadi sekarang Mbak cuma daftar, chipnya nanti diproses. Kalau udah jadi, baru deh dianterin ke Mbaknya.

Aku: (dalam hati, "Sialaaannn, kenapa nggak dari kemarin pas aku ke Sa********ng dikasih tahu kalau prosedurnya giniiii... jadi sales ke sini tuh cuma mau ngambil fotokopi KTP?!") ooh, jadi enggak bisa ya kalau besok saya langsung transaksi pake dompul gitu?

Pak A: enggak bisa mbak, harus nunggu chip dulu.

Aku: mmm... kira-kira berapa lama chipnya jadi? (perkiraanku sekitar 1-3 hari, paling lama mungkin 5 hari deh)

Pak A: wah... enggak tentu, Mbak. Saya enggak bisa jamin. Bisa sebulan atau lebih (aku langsung bengong, dalam hati berteriak "APAAA?!") soalnya sekarang lagi banyak yang daftar juga, jadi harus antri.

Aku: oh, gitu... *speechless* kalau misal saya daftarnya besok langsung ke Sa********ng, bisa gak? (hari udah mau Maghrib dan aku belum punya fotokopi KTP karena enggak dikasih tahu juga sebelumnya). Jadi daripada bapaknya nungguin saya fotokopi, ntar kan kemaleman tuh. Kalau besok saya ngasih fotokopian KTP buat daftar ke Sa********ng langsung, bisa atau gak? (kurang baik apa coba gueee?!)

Pak A: oh bisa, Mbak...

A: (ngomel-ngomel lagi dalam hati: sialaaaann, kenapa enggak dari kemarin aja sih bilang kalau daftar tuh ribetnya kayak gini? harus nyerahin fotokopian KTP aja dan nungguin chip-nya sampai lama. Sialnya lagi, kenapa pas aku ke Sa********ng enggak dikasih tahu aja prosedurnya kayak giniiii... daripada nungguin salesnya berhari-hari, kan mending pas hari Senin tuh aku dikasih tahu kalau aku cuma harus nyerahin fotokopi KTP ke Sa********ng, besoknya pas Selasa aku tinggal ke sana lagi nyerahin fotokopi KTP, bereeesss.... enggak perlu janjian sama salesnya yang ngaret sampe 2 hariiiiii)

Akhirnya pertemuan antara aku dan sales berakhir di hari itu. Asliiii dongkol abis... hampir seminggu ngurusin DomPul, tapi ternyata enggak menghasilkan apa-apa kecuali info pendaftaran dan segepok rasa sebel.

Coba deh bayangin, andaikan pas hari Senin (pas aku ke Sa********ng) si CS bilang ke aku: "Oh, mau daftar DomPul ya, Mbak? syaratnya mudah, bla-bla-bla. Mbaknya cuma perlu fotokopi KTP, nanti di baliknya tolong dikasih tulisan nama konter, alamat lengkap, sama nomor telepon yang bisa dihubungi. Nanti setelah nyerahin fotokopi KTP itu, Mbaknya mohon nunggu sampai chip DomPulnya selesai. Nanti diantar langsung ke tempat Mbak oleh sales kami"

Nah... coba bayangin kalau CS-nya baik hati + penuh senyum + ngasih penjelasan kayak gitu. Kan enak tuh... Hari Selasa aku udah bisa langsung nyerahin fotokopi KTP dan enggak perlu susah-susah menghubungi si sales.
Tapi si CS malah nyuruh aku buat nelpon si sales aja tanpa ngasih penjelasan. Karena langsung disuruh hubungi si sales, aku pikir daftarnya gampang dan cepet, bisa langsung ambil stok pulsa dan transaksi, ternyata....

Beginilah nasib orang awam -___- "

Aku juga sempat browsing-brwosing, masuk ke Kaskus dan ngobrol dengan beberapa pemain bisnis pulsa. Ada yang punya pengalaman hampir mirip kayak aku. Katanya sih harusnya bikin chip kayak gitu tuh cepet, cuma butuh sekitar 3 hari.
Kenapa bisa lama? katanya tuh distributor udah kebanyakan downline dan enggak dapet pasokan chip dari distributor utamanya, jadi enggak bisa mastiin kapan chip dompul bisa langsung diantar ke agen. Aku juag disaranin buat pergi langsung ke distributor utamanya...


Fyuuuh... bener-bener capek ati ngurusin DomPul *swt*

7 komentar:

  1. Uhh sungguh penglman yg menyenangkan upsss maksudnya menjngkelkan and bs frustasi :(!! gpp tetap smangad yahhh :))

    BalasHapus
  2. Sip.... Trima kasih inponya

    BalasHapus
  3. ribet juga ya ternyata.....kalo m-kios pernah gak? sharing donk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mkios gampang banget kok daftarnya, mirip kayak beli kartu perdana, cuma milih kartu simpati, daftarin ke CS di dealer-nya, plus serahin fotokopi KTP.

      Hapus
  4. sama aku juga si suruh nlp salesnya... tp blm sempet nlp dah ada sales dompul dtng ketempatku,jd ga terlalu ribet sih,,, cuman nunggu chip nya aja 1 mgg

    BalasHapus
  5. Wah sama kayak saya.... tapi saya bikin M-Tronik... Laaammaaa banget, udah hampir 2 bulan nih, belum jadi juga... :(

    BalasHapus
  6. m-tronik emang lemot kayak kereta moga, cari xl gampang di kita aja

    BalasHapus