Kamis, 14 Juli 2011

Pelayanan yang Enggak Oke!

Seminggu lalu aku emang ribet sama XL atau Dompet Pulsa di Jember (Sa********ng). Ribet karena pelayanan yang kurang memuaskan dan segala tetek bengek yang sukses bikin aku dongkol plus ilfil.

Hari ini... lagi-lagi aku dibikin dongkol sama mereka.
Jadi ceritanya, seminggu kemarin aku masih cooling down untuk masalah DomPul, dan sepakat sama kakak buat nyari server lain dulu (walau akhirnya harus ke DomPul).
Setelah diskusi panjang, hari ini kakakku bertekad untuk pergi lagi ke Sa********ng (di daerah kampus) buat nyerahin fotokopi KTP plus beberapa data yang dibutuhkan.

NB: seminggu lalu, sales dari Sa********ng sudah mengatakan 'iya' dan 'bisa' kalau kami (aku & kakak) langsung ke Sa********ng buat menyerahkan fotokopian KTP+data diri sebagai bahan pendaftaran chip DomPul

Jam 10 pagi tadi, kakakku yang lagi hamil 5 bulanan itu berangkat ke daerah kampus (ke Sa********ng) bareng ponakanku yang umur 3 tahun. Panas-panas dooong... naik angkot pula plus harus jalan ke halte. Aku sendiri enggak ikut karena harus jaga toko.

Jam 11 siang, kakakku udah datang. Aku pikir masalah DomPul beres, tinggal nunggu chip yang rumornya bakalan dikasihkan setelah sebulanan. Begitu kakak masuk rumah, aku langsung nanya. Kira-kira percakapanku kayak gini:

Aku: Mbak, gimana? udah bisa daftar?

Kakak: Enggak bisa, ditolak mentah-mentah!

Aku: *kaget* lho, kenapa?

Kakak: katanya harus lewat Pak Iw****** (nama sales Sa********ng, sensor dikit yeee :D )

Aku: lho, emang Mbak enggak ngomong kalau Pak Iw****** sendiri bilang kalau kita bisa langsung daftar ke Sa********ng?

Kakak: Enggak bisa, katanya harus lewat salesnya. CS di Sa********ng enggak mau nerima fotokopian KTP-ku kalau belum dapet Acc dari salesnya.

Intinya, kakakku yang mau daftar DomPul ditolak mentah-mentah sama CS Sa********ng gara-gara enggak lewat salesnya.

Aku enggak tahu siapa yang salah...
Seminggu lalu, si sales udah ngomong ke aku kalau mau daftar tuh butuh fotokopi KTP plus beberapa data diri (nama konter, alamat, nomor yang bisa dihubungi). Karena waktu itu udah sore dan aku belum fotokopi KTP, aku kasian juga sama salesnya. Masa iya si bapaknya tak suruh nunggu aku fotokopi dulu.
Aku sempet tanya "Pak, kalau misal besok pagi saya langsung ke Sa********ng buat nyerahin fotokopi KTP buat pendaftaran, apa bisa? daripada sekarang bapaknya nunggu, kan udah sore. Kalau bisa langsung ke Sa********ng, ya besok aja saya langsung ke sana buat nyerahin fotokopian KTP"

Daaannn... si pak sales menjawab bisa. Tapiiii.... kenapa hari ini kakakku ditolak mentah-mentah dan katanya harus lewat salesnya? Sumpah deh enggak ngerti....


Tapi yang bikin tambah ilfil tuh pelayanan CS yang menurutku (dan menurut kakakku) emang enggak sip. Kayaknya kakakku ketemu sama CS yang dulu juga ngelayanin aku. Kata kakak, pertama tuh ada CS cewek, dia ramah dan murah senyum (siiipp lah, emang harus gini dong kalau jadi CS), habis itu ketemu sama CS cowok (entah siapa namanya, wajah jutek plus enggak bisa senyum).
Dialah yang menolak kakakku mentah-mentah pas mau nyerahin fotokopian KTP. Kakakku udah jelasin kalau udah ketemu sama si salesnya, tapi berhubung belum punya fotokopian KTP akhirnya enggak bisa daftar ke sales langsung. Daaan katanya pak sales bisa langsung ke Sa********ng kalau cuma mau nyerahin fotokopian KTP. Faktanya? gggrrr.... ditolak!


Sumpah deh rasanya dongkol banget....

Apa susahnya sih para CS di Sa********ng itu telpon sebentaaarrrr aja ke pak sales, ngasih tahu kalau ada orang yang mau jadi agen XL dan bla-bla-bla.
Kalau emang enggak mau telpon, kenapa juga tuh berkas pendaftaran kakakku enggak diterima aja, ditumpuk ke tempat khusus atau gimanalah.
Kalaaauuu emang enggak bisa, minimal pelayanan CS-nya tuh mbok ya yang ramah gitu lho... kayak CS ceweknya yang murah senyum. Masa kami mau jadi agen aja dikasih pelayanan minus gitu.

Apa susahnya ngomong pake bibir tersenyum bilang: "Maaf ya mbak, kalau daftar tuh emang harus lewat salesnya. Prosedurnya memang seperti itu. Kami di sini enggak bisa nerima berkas pendaftaran begitu saja tanpa ACC salesnya. Atau kalau mbaknya mau, sekarang saya telponin salesnya sebentar, saya kasih tahu agar dia pergi ke konter mbak jam sekian, nanti silahkan mbak urus pendaftarannya lewat sales. Boleh tahu alamat konternya, Mbak? Bla-Bla-Bla."

Intinya... si CS di Sa********ng (Jember) kayak enggak niat bantuin, bener-bener menolak pendaftaran mentah-mentah tanpa kasih solusi (satu-satunya solusi harus ketemu salesnya, oh God... buat apa kakakku panas-panas ke Sa********ng?! tuh bangunan Sa********ng di kampus tuh buat apa seh?!). Si CS juga malah sok-sok sibuk sama komputernya, bikin ilfil banget! Oke, kami tahu Anda sibuk, tapi helloooo... saya mau jadi agen niiihh! ramah dikit napa?


Aku pun juga jadi mikir, tuh para CS kerjanya ngapain? terus bangunan Sa********ng di daerah kampus itu gunanya apa, ya? daftar DomPul aja sulitnya minta ampun.... apa-apa harus lewat sales, nyerahin berkas pendaftaran lewat sales..... ada agen mau daftar DomPul malah dikasih pelayanan jutek...... Hmmm................... have no idea bout it....


NB:
Buat Anda yang punya pegawai atau jadi pegawai yang berhubungan langsung sama customer, kalau emang enggak bisa kasih solusi, minimal senyum aja deh plus ramah ke customer. Setidaknya, walau enggak nemu solusi, customer masih positif thinking sama Anda, oke?!

1 komentar:

  1. lho dah mu punya adik ta isyan?
    ha buik nya ini kapan??????

    ehehheeheh

    BalasHapus