Jumat, 26 November 2010

Indahnya Orang Desa

Pasti bingung baca judul di atas, apanya yg indah coba? tubuhnya? rambutnya? atau apanya nih?
Jadi begini, kemaren tuh aku ke rumah nenek, ada acara memperingati 7 harinya kakeknya yang udah meninggal.
Tempatnya sih di desa, di daerah Kalibaru, Banyuwangi. Di sana mayoritas orang keturunan Madura. Kebayang dong gimana suasana pedesaan, orang-orang tua dengan bahasa dan logat Madura yang kental.

Yang bikin aku takjub, rumah nenek tuh gaaaakkkk pernah sepi dari tamu yang melayat. Kata salah satu bulekku (bibi), selama 7 hari ini (sejak kakek gak ada), orang emang berdatangan terus-terusan, non-stop dari pagi sampai malam tahlilan.
Awalnya aku gak percaya, masa iya sampai non-stop? ternyata kata bulek-bulekku dan budhe-ku yang lain emang kayak gitu.
Mereka terus ngalir kayak air sungai, datang bergiliran ke rumah bawa beras, gula, atau apa aja yang mereka punya terus dikasihin ke nenek. Pulangnya, mereka bakal dibawain nasi yang dibungkus daun pisang.

Goosshh... what a beautiful "dulur-ship" XD~

Uniknya, di rumah nenekku tuh ngumpul semua sodaraku. Bukan sekedar sodara, tapi sodara yang bahkan aku gak bisa ngelacak silsilah mereka. Mungkin kalau ditelusur, kemarin aku udah ketemua sama kakaknya kakaknya adiknya sepupunya neneknya sepupunya sepupuku, nah lho.... mantap abis bingungnya.
Daripada pusing-pusing, aku pun menganggap semua orang tua yang ada di sana itu nenekku, ibu ato bapak-bapak yang sebaya sam orang tuaku, aku anggap budhe atau pakdheku. yaahh... daripada aku pusing-pusing mikirin silsilah, wakakak.

Sampai aku sempet ditegur sama orang yang udah sepuh, aku dipanggil "Lisa" (ini nama kakakku). Aku langsung mikir "waduh, orang ini siapa ya?"
Akhirnya aku pun ngedektin tuh nenek-nenek sambil terus mikir. Dalam bahasa madura campur jawa, beliau berkali-kali mukul lenganku sambil ngomong (udah diterjemahin nih) :
"Aduh.... kamu gak inget nih sama aku? dulu kan kamu sering ke rumah."

Doeeengg.... asli aku bingung, secaraaa aku bener-bener enggak kenal sama beliau. Belum sempet aku ngomong sesuatu, salah satu pak lek-ku datang n bilang :
"Nduk, ini nenek buyutmu juga, ibunya saudaranya nenek."

Taraaa... lagi-lagi aku bingung sama silsilah XD~ tapi akhirnya aku pun cuma senyum-senyum sambil ngejelasin kalau aku emang belum pernah ketemu sama nenek buyutku itu, tapi mungkin kakakku (mbak lisa) udah kenal.

Yeah... itulah keluarga BESAAAARRR-ku yang bener-bener susah ditelusuri silsilahnya. Saking banyaknya orang di rumah nenek, aku anggap mereka semua itu keluargaku, tapi jangan tanya sama aku soal siapa aja yang bener-bener punya hubungan darah sama aku, binguuunggg euy!

Apalagi almarhum kakekku emang terkenal baik, ramaaahhh banget sama semua orang. Kadang, kalau ketemu sama seseorang yang kebetulan lewat depan rumah, langsung disapa bahkan disuruh makan-makan dulu di rumah walau enggak masak banyak (ciri khas orang desa yang aku suka ^^)

Dari "hasil" keramahannya itu, saat kakek gak ada, puluhan bahkan ratusan orang selalu berbondong-bondong ke rumah. Bahkan kata nenek dan para tetangga yang bantuin bikin nasi berkat (bat tahlilan), orang yang datang mencapai 200an orang setiap harinya. Gooosshhh... itu jumlah yang banyak.

Salah satu yang bikin aku jatuh cinta sama suasana desa, mereka enggak kayak orang kota. Saat bertamu, terus suguhannya kurang, nasinya kurang, masakannya kurang, atau berkatan nasinya kurang sampe ada yang gak kebagian, mereka semua selalu memaklumi (tapi ya akhirnya dibungkusin nasi seadanya).
Padahal kalo di kota, suguhan kurang mantep dikit (apalagi kalo sampe ada yang gak kebagian) pasti langsung jadi aib dan obrolan gak enak -_-"

Pokoknya suasananya beda bangetlah sama orang kota. Di tempat nenek, semua kayak SKSD aja, langsung ngobrol sana sini, saling bantu tanpa pamrih, pokoknya sip banget (kalau diitung-itung, kemarin jumlah tetangga yang "rewang" di rumah nenek tuh ada sekitar 20an orang).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar