Minggu, 09 Maret 2014

Pengalaman Lucid Dream

Saya nggak akan ribet-ribet jelasin apa itu lucid dream, karena di sini saya cuma mau curhat, bukan kasih penjelasan :D kalau mau tahu apa itu lucid dream atau LD, silakan browsing di Google.
Intinya, LD itu kondisi ketika kita bermimpi, dan di dalam mimpi itu kita sadar kalau kita lagi mimpi, setelah sadar... kita bebas ngapain aja dan mengendalikan mimpi kita, intinya kira-kira begitu.

Saya sendiri tahu LD setelah nonton film Inception bertahun-tahun lalu, tapi waktu itu sekadar tahu aja, nggak nyoba sama sekali dan akhirnya lupa total dengan yang namanya LD. Kira-kira 2 bulan yang lalu, saya kembali nyungsep di forum yang ngomongin LD. Hasilnya, saya pun pengin nyoba ngerasain gimana LD sebenarnya.

Setelah baca-baca seluruh teori plus pengalaman orang-orang yang udah ndewo dalam masalah LD, akhirnya saya belajar setahap demi setahap, mulai dari membiasakan diri nyatet mimpi di buku (dream journal/DJ) hingga membiasakan reality check/RC (ngetes apakah kita mimpi atau gak, kalau di Inception ya semacam pakai totem itu). Dari proses belajar ini, setiap saya bangun tidur, saya pasti rajin RC, entah itu melihat jumlah jari tangan (kalau jumlahnya gak 5, berarti kita mimpi), melototin jam dinding (kalau jamnya aneh, misal detiknya gak jalan, itu berarti mimpi), nutup hidung (kalau masih bisa napas, berati mimpi), hingga loncat-loncat (kalau loncat tapi nggak turun alias ngambang atau terbang, berarti mimpi).

Nah, suatu hari... saya sengaja pengin nyoba LD siang-siang. Saya sengaja tidur miring di atas karpet dan niat dalam hati kalau saya mau LD. Berkali-kali saya ngasih sugesti ke diri saya, kira-kira begini, "Saya akan LD, di dalam mimpi saya akan sadar kalau itu mimpi", saya ucapin itu berkali-kali dalam hati sambil memejamkan mata.

Di LD, ada beberapa teknik induksi, sebelumnya saya pernah nyoba teknik FILD tapi gagal, jadi siang itu sebenarnya saya mau coba teknik WILD. Intinya, kita masuk ke alam mimpi dalam kondisi sadar, dan rumornya teknik ini adalah teknik paling 'serem' karena sebelum masuk LD, kita akan 'menyebrangi' fase sleep paralyze (SP). Tapi berhubung saya penasaran, saya pun nyoba.

Kalau dari teori, WILD itu kita harus memejamkan mata, berimajinasi sederhana seperti gradasi warna dll (jangan berimajinasi terlalu ribet/detail/butuh emosi). Jaga kesadaran dan jangan sampe ketiduran. Setelah itu kita akan ngerasain hal-hal absurd seperti tarikan, getaran, dll, tapi kita harus tetap rileks dan jangan berontak. Kita pun masuk fase SP, setelah itu kita tunggu sampai tubuh kita seolah-olah jatuh atau tertarik ke dalam lubang. Daaan... kita pun masuk dunia mimpi secara sadar.

Itu sih teorinya...

Siang itu, setelah nutup mata dan niat LD, saya mikirin hal-hal sederhana. Warna-warna absurd mulai kelihatan walau mata saya ketutup rapat. Butuh waktu yang cukup lama sampai saya ngerasa penat, pegal-pegal (maklum masih newbie), tapi saya tetep rileks dan udah siap untuk ngerasain SP. Alih-alih dapet SP, saya malah mulai ngantuk.

Tapi saat itu juga mendadak saya ngerasa kalau tubuh saya ini nggak nempel di karpet, saya ngerasa melayang. Sambil agak ngantuk, saya mikir "kok gini? apaan ini? jangan-jangan mau SP?". Ngantuk saya langsung ilang, saya bersiap-siap SP dan siap ngerasain 'sesuatu' yang ditakutin semua newbie dalam hal per-LD-an. Tubuh saya tetep ngerasa melayang, kelopak mata mendadak memaksa kebuka (kata beberapa orang sih ini termasuk wajar), saya tetep berusaha nutup mata, karena walaupun siap SP, saya masih takut ngelihat halusinasi XD~ tapi entah kenapa nih kelopak mata tetep aja maksa kebuka, hingga akhirnya sama-samar saya ngelihat tembok, tapi Alhamdulillah nggak ngelihat yang aneh-aneh.

Saya sendiri tetep berusaha nutup mata, saat itu juga saya seperti hilang keseimbangan. Saya ngerasa tubuh saya ini enteng banget alias melayang, dan dalam waktu singkat.... saya ngerasa tubuh saya muter dalam posisi tidur. Gambarannya tuh, kalau kita telungkup sambil meluk dahan pohon dalam posisi tidur, tubuh kita awalnya di atas, dahannya di bawah, terus tiba-tiba kita hilang keseimbangan dan akhirnya tubuh kita jatuh miring tapi kita tetep meluk dahan (kita di bawah, dahannya di atas), rasa jatuhnya tuh kayak begitu, cepet dan seperti 'menghentak'.

Entah gimana ceritanya, saya mendadak udah ada di semak-semak rumput, rumputnya tinggi kayak rumput teki. Waktu itu saya udah langsung mikir "ini mimpi ya? tadi kan lagi tidur di karpet, kok sekarang banyak rumput?". Di sinilah manfaatnya rajin RC, karena udah terbiasa RC, saat itu saya langsung ngelihat jari tangan kanan. Bener-bener aneh, jari saya ada enam, tapi visualisasinya tuh agak nggak jelas, kayak melengkung-lengkung gitu. Yakinlah saya kalau saya lagi ada di mimpi.

Excited banget, rasanya pengen jingkrak-jingkrak karena berhasil LD, tapi saya tahan sebisa mungkin, karena saya inget kata mastah-mastah... kalau terlalu excited bisa-bisa mimpinya kabur dan kita kebangun. Akhirnya saya mencoba jalan, tubuh tuh rasanya agak enteng gitu, dan jalannya hampir nggak kerasa (susah jelasinnya). Intinya, entah kenapa, saya ada di hutan. Mungkin karena masih excited, saya nggak sempet mikir macem-macem kayak nyoba terbang, teleport ke suatu tempat, atau berubah jadi Sailormoon, hahaha. Saya jalaaaan aja menyusuri jalan setapak yang banyak rumputnya.

Tiba-tiba saya sampai di tanah lapang gitu, di situ ada dua robot (robot dari manaaaa coba) yang lagi berhadap-hadapan terus bertarung gitu. Saya cuma diem, otak saya kayak nge-blank gitu, nggak tahu mau apa. Terus salah satu robot kelihatan kalah, saya kasian, akhirnya dalam hati saya seolah-olah ngomong "jangan kalah! aku bantu kamu ngelawan dia!" terus saya lanjutin ngomong "aku harus jadi robot itu (yg kalah) dan ngalahin musuhnya!"

Tanpa proses yang jelas, saya tiba-tiba udah jadi robot, tapi visualisasinya tuh kayak orang yang ada di dalam robot (kayak film Gundam, manusia ngendaliin robot). Di situ saya udah siap lawan, udah mau bertarung ceritanya, tapi entah kenapa semuanya mendadak kabuuuuur banget, kayak orang minus yang nggak pake kacamata, semuanya kabur dan nyaris memutih. Saya langsung panik dan mikir "waduh... mimpinya mau abis", saya pengin nahan biar mimpinya gak kabur, sayangnya saya nggak tahu caranya XD~

Akhirnya.... saya bener-bener bangun. Mata saya kebuka dan saya lagi tiduran di atas karpet. Biar nggak kejebak false awakening (FA), saya langsung lihat jari saya. Normal, ada lima jari. Saya lihat jam, normal. Saya tutup idung, sesak napaaas. Artinya saya bener-bener ada di dunia nyata. Kecewa sih, tapi seneng bisa LD setelah belajar agak lama XD~

Besok-besoknya, saya sebenarnya nyoba pengen masuk mimpi lagi, tapi gagaaaal mulu. Sampai suatu saat saya baca-baca forum dan baca pengalaman seseorang yang niat LD tapi malah bablas astral projection/ AP (raga halus kita keluar dari tubuh/ fisik). Saya jadi kaget, saat itu saya pun akhirnya baca2 soal AP. Ternyata prosesnya emang mirip, hampir sama. Cuma... katanya sih orang yang udah masuk LD, bisa lanjut AP dengan mudah. Kalau udah LD, kita tinggal niat AP atau ngomong AP, katanya ntar bener-bener bakalan AP.

Saya pribadi nggak mau nyoba AP dan emang nggak minat, karena saya takut ntar malah kayak film Insidious, hehehe. Tapi kejadian kayak Insidious ini bisa aja bener-bener terjadi, karena katanyaaaa.... saat raga halus kita keluar dari tubuh, ntar raga kita bakal 'digoda' oleh makhluk lain dan dikasih 'kenikmatan palsu'. Kalau iman kita kuat, nggak masalah, tapi kalau nggak kuat atau emang aslinya pribadi kita ini buruk....ntar raga halus kita bisa keenakan di 'dunia lain' yang semu dan lupa buat balik ke raga fisik kita (ini saya baca dari pengalaman orang yang udah malang melintang di dunia AP). Inilah yang saya takutin dari AP, tapi kalau soal raga fisik kita 'diisi' oleh roh atau makhluk lain kayak di film Insidious sih... saya nggak tahu ya.

Jadi, karena takut bablas AP, akhirnya sampai sekarang saya nggak pernah nyoba LD lagi. Hahaha... mungkin kapan-kapan deh nyoba XD~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar