Sabtu, 09 April 2011

Sehat dengan Air Putih Setiap Hari!

Kayaknya udah pada tahu kan ya manfaat air putih tuh apaan ...
Well, jadi sehat itu ternyata enggak susah dan mahal kok. Kita cukup atur pola makan, atur waktu olahraga, dan yang enggak kalah penting... banyak-banyak minum air putih!

Kalau aku baca-baca artikel, banyak yang menyarankan minum air putih sekian gelas atau sekian liter per hari. Dulu aku pikir, "Waw, banyak amat minumnya? kembung dong?!"
Iya, efeknya mungkin agak kembung dan akhirnya kebelet buang air kecil terus-menerus. Tapi semua itu worth it laaah sama pengaruh positif yang bisa didapat dengan minum air putih.

Badan bakalan selalu seger karena enggak kekurangan cairan, kulit bisa terjaga kelembabannya, organ ginjal juga Insya Allah enggak akan kena masalah, dan mungkin masih banyaaaak banget manfaat lain dari minum air putih yang cukup setiap hari.

Tips minum ala Aki:

Emang berapa banyak sih air putih yang harus dikonsumsi? well, rata-rata banyak yang menyarankan sekitar 7-8 gelas setiap harinya atau sekitar 1-1,5 liter. Aku pun sampai saat ini masih berusaha memenuhi kebutuhan cairan sebanyak itu setiap hari. Kadang lupa, kadang malas minum, hehe.
Buat yang mau sehat, lihat deh tips di bawah ini.

1. Coba deh ditarget atau bikin jadwal minum.
Contohnya kayak aku nih, habis bangun tidur (pagi) langsung minum segelas air. Bakalan lebih bagus kalau ditambah sedikit perasan lemon/jeruk nipis. Katanya sih bisa membersihkan kotoran di perut, makanya habis minum bakalan mules dan akhirnya ngacir ke kamar mandi. Tapi jangan salah paham, mules di sini bukan mengarah ke diare, tapi emang membantu perut biar cepet-cepet ngeluarin kotoran. Ini bagus lho!

Nah, setelah minum pagi, sekitar 2-3 jam kemudian... kalian harus minum segelas air putih lagi. Begitu seterusnya sampai akhirnya dalam sehari bisa minum sekitar 8 gelas.
Kalau aku selalu minum jam 5 atau 6 pagi (pakai jeruk dikit), jam 8, jam 11, jam 1, jam 3, jam 6, jam 8, terus jam 9-10 (sebelum tidur).
Kalian bisa bikin jadwal sendiri sesuai kemauan kalian, dan yang paling penting ... harus disiplin dan taat jadwal, ya! ^^

2. Pakai botol air mineral 1,5 liter.
Kadang, kalau aku lagi males nurutin jadwal atau sering lupa, aku selalu pakai botol air mineral yang gede (1,5 L). Pas pagi, aku isi tuh botol sampai penuh. Setelah itu aku bakalan minum dari botol itu terus, soal waktu atau jam-nya sih terserah, kapan aja deeehh... pokoknya tuh botol harus udah kosong sebelum aku tidur. Jadi kebutuhan air yang 1,5 L itu bisa terpenuhi setiap hari.

3. Air diembunkan
Banyak yang menyarankan kalau air yang diembunkan itu sangat bagus buat kesehatan, dan itu emang bener. Yah... tapi aku kurang begitu paham dan kurang tahu dari segi ilmiah kenapa kok air embunan gitu bisa lebih sehat (aslinya males Googling buat nyari tahu >.<)
Akan lebih bagus lagi kalau kita minum air yang dimasukin kendi/gentong (pokoknya wadah apapun dari tanah liat) lalu ditaruh di luar semalaman.
Aku dulu pernah punya kendi air, tiap hari aku taruh di luar. Kalau pagi-pagi aku minum air kendi, nyeeezzzz..... rasanya adeeeem banget, segernya tuh beda dari air es. Pokoknya recomended banget lah minum air kendi yang diembunkan kayak gitu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar