Jumat, 25 Maret 2011

Sejarahku Pake Internet

Sekarang yang namanya modem USB udah bukan hal asing. Kayaknya hampir tiap netter udah pada punya barang portable yang satu itu. Gimana sama jaman dahulu kala? satu-satunya cara buat make internet tentu aja dengan ngacir ke warnet.

Aku sendiri termasuk orang yang dulu doyan banget bolak-balik ke warnet. Ngapain? nyari tugas kuliah? tet-tot! salah, wakakak. Ya kadang kalo emang ada tugas, ya pergi ke warnet, tapi lebih sering maennya daripada serius ngerjain tugasnya :D

1999-2001
Aku mulai kenal sama internet pas ngeliat film "You've Got Mail" tahun 1999, waktu itu aku masih kelas 1 SMP. Tahun segitu sih internet belum booming, apalagi aku hidup di kota kecil yang jauh beda sama kota besar macam Jakarta.
Pas kelas 3 SMP (2001) aku mulai kenal warnet. Dulu ada sebuah warnet (namanya lupa) yang ngasih tarif 6000/jam (mahal, ye?). Dulu yang aku pikirin soal internet tuh cuma email sama chatting (gara-gara film You've Got Mail itu).
Hal pertama yang aku lakuin pas berhadapan sama internet adalah bikin email (dibantu sama OP). Setelah itu sok pengen chatting pake mIRC.

2001-2004
Warnet udah mulai menjamur pas aku udah SMA, bahkan dulu di samping sekolahku ada warnet namanya Bintang.Net yang ngasih tarif 3000/jam (udah normal nih harganya). Nah, di masa SMA itu aku mulai sedikit bergantung sama internet.
Nyari bahan tugas udah mulai lewat internet (dulu sering search pake Yahoo ketimbang Google). Udah mulai ngerti gimana caranya download lagu dll walau saat itu cukup susah cari link download.
Dulu sering nongkrong di Bintang.Net (sekarang udah gak ada) sama Maxima (sampai sekarang masih ada).

2004-2007
Ini jaman-jamannya kuliah sangat bergantung sama internet. Hampir setiap hari pasti mampir warnet, mulai dari nyari tugas, maen ke forum-forum internet, ubek-ubek jejaring sosial macam Friendster (dulu belum booming FB atau Twitter kayak sekaang), nyari lagu, apa aja deh yang bisa dilakuin sama internet, hehehe.
Di zaman ini, aku keluar masuk forum internet. Mulai dari FI (sekarang berubah jadi lautanindonesia), Kaskus (masih sebatas baca-baca, belum daftar), sampe forum-forum enggak resmi bikinan beberapa teman di dunia maya (misalnya dulu ada MVP, DC, terus apalagi ya... lupa, banyak banget soalnya).
Aku masih inget, dulu bahkan sempet keluar tengah malem bareng mbak kos buat pergi ke warnet (biar bisa dapet paket hemat :D ). Bener-bener dah... kalau dipikir sekarang rasanya kok lucu, ya?

2007-2009
Ini jamannya game online XD~
Sebenernya udah dari SMA deh kayaknya aku kenal sama yang namanya Ragnarok (yang ngaku gamer pasti tahulah sama RO) cuma waktu itu belum terlalu kenal sama istilah game online, apalagi jaman segitu jarang banget warnet yang ada game online-nya. Bahkan, di tahun 2007 pun, aku belum nemuin yang namanya game net (Jember & Malang), kebanyakan masih berupa warnet yang emang sekaligus nyediain game.
Pertama kali kenal game online tuh pas aku nge-net di Smile (Jember). Waktu itu maen Ayodance, keterusan dan akhirnya pas di Malang mulai nyari warnet yang ada game-nya. Susaaaaah booo', tapi di deket kos ada warnet baru yang ternyata juga nyediain game online, namanya Arrayan sama Masmiar. Sejak saat itu betah banget dah nongkrong di warnet itu buat maen game online.

2009-sekarang
Pertengahan tahun 2009, aku mulai beli modem GSM, dan sejak itulah aku mulai ninggalin yang namanya warnet. Apapun aktivitasku yang berhubungan sama internet, udah bisa aku lakuin di rumahku sendiri. Jadi, sejak aku udah punya modem, aku udah jarang bahkan hampir enggak pernah nginjek-nginjek lantai warnet lagi.
Aku udah enggak pernah ketemu sama para OP yang udah hapal sama wajahku (dulu di Malang, ada 2 warnet langganan, Masmiar sama Galaxy). Dan sekarang, aku mendadak kangen buat maen ke warnet lagi, ngerasain sensasi ngantri, ngerasain kelaparan di warnet lalu beli indomie goreng, pokoknya ngerasain semuanya, hahaha.

1 komentar:

  1. waaaaaaaaaaaaaaah.. sehati banget kita. smasama anak jebolan warnet..ckck. tpi berhubung modemku gatrlalu ajib kcepatannya. aku masih sring nangkring diwarnet buat donlot2 dgn jumlah banyak. haha

    BalasHapus