Jumat, 25 Februari 2011

Haunted Changi (2010)

Beberapa tahun terakhir ini kayaknya marak banget film-film horor jenis mockumentary, atau film yang dikemas dalam bentuk dokumenter.
Dari sekian banyak film horor yang beredar, mungkin yang paling dikenal tuh Paranormal Activity. Nah, salah satu film dokumenter dari Asia adalah Haunted Changi. Dari namanya kita pasti udah bisa nebak dimana setting film ini berada. Yap! RS Changi di Singapura yang - katanya - terkenal angker dan sudah mangkrak bertahun-tahun.

Dari settingnya aja kita udah mulai bisa ngebayangin gimana seremnya. Bangunan bekas rumah sakit yang punya sejarah buruk plus rumor tentang hantu. Di awal film ini pun, penonton juga dikasih tahu soal gimana sejarah Changi dan juga opini masyarakat.

Jadi inti ceritanya gimana tuh? simple dan lumayan klise. Selompok anak muda (kalau gak salah inget ada 4 atau 5 orang, satu cewek dan yang lainnya cowok semua) pengen bikin film dokumenter tentang RS Changi. Dari pembuatan film itu, mereka lalu nemuin hal-hal serem, bahkan ada yang sampai terbunuh.

Terus, penampakan apa aja yang kelihatan di film ini? Hm... kalau soal penampakan atau hantu sih enggak banyak, bahkan hampir enggak ada. Tapi film ini lumayan bikin deg-degan juga, kok. Film ini jadi kuat karena settingnya yang emang spooky abis, jadi penonton bisa ngelihat gimana suramnya RS Changi (terutama malam hari) dan lumayan bikin merinding kalau ngebayangin kita ada di sana.
Selain itu, banyak pula adegan infrared, jadi gambar film berubah ijo-ijo serem gitu (tahu, kan?), tapiiii.... sekali lagi jangan terlalu berharap ngeliat hantu di film ini. Kita emang dibikin deg-degan dan waspada plus nebak-nebak soal kapan hantunya muncul, tapi hantunya minim dan tetep enggak mau nongol, hehe.

Banyak yang bilang kalau film ini asli dokumenter, tapi yang bilang kalau film ini ngibul plus rekayasa juga banyak banget. Yaahh... terlepas dari bener atau enggak, kalau kalian pengen deg-degan, nih film oke juga kok, hihihihi.....

1 komentar:

  1. tapi masalahnya ada keterangan2 lebih lanjut soal mereka yang pernah ke sana.. kayak farid yang kena penyakit aneh dan juru kamera yang akhirnya di penjara... tapi aku salut sama mereka... pinter milih kamera.. susah merekam di tempat yang pencahayaannnya sangaaaaaaat sedikit.. dan mereka milih kamera yang bagus... ada beberapa video mengenai old changi hospital juga... dan kameranya nggak terlalu fokus...

    BalasHapus