Selasa, 03 Mei 2011

Pengalaman Ditipu Jual-Beli Online

Hari ini aku iseng-iseng masuk FJB Kaskus buat nyari sesuatu, hasilnya gak nemu XD~
Terus karena gak ada kerjaan, aku nyungsep ke sub-forum Surat Terbuka (ST), khusus bagi para pelakon FJB yang merasa dirugikan dengan harapan masalah bisa selesai.

Dari bertahun-tahun lalu ngaskus sampai sekarang, aku belum pernah ke sub-forum ST, baru hari ini lah, yah... walau udah cukup sering juga aku baca ST di kaskus (yang kadang diposting di lounge).

Dari situ aku baru tahu kalau ternyata penipuan jual-beli barang online (khususnya di kaskus) ternyata masih maraaaaakkk banget. Bukan cuma newbie aja, tapi yang udah sering transaksi online pun bisa kena jerat dengan modus/metode yang sederhana dan udah umum di kaskus, yaitu transaksi tanpa rekber (aku jadi curiga, jangan-jangan kena hipnotis XD~).

Aku jadi teringat pengalamanku kena tipu bertahun-tahun yang lalu, pas aku masih cupuuuuuu banget soal internet, newbieeeee banget sama transaksi online. Jadi waktu itu aku lagi maniak game dan pengen punya duit game. Karena ini game, tentu aja gak ada rekber atau semacamnya yang nanganin, wkwkwk.

Karena di kotaku gak ada yang jual duit game, akhirnya ada beraniin diri buat beli dari seseorang yang ada di luar kota. Beli duit game dengan harga sekian ribu (untungnya murah :p ). Caranya yaitu dengan transfer uang sungguhan ke seller, kalo uang udah masuk, maka duit game bakalan ditrasfer (lewat game juga dong).

Aku sebenernya rada gak percaya juga, makanya waktu itu cuma beli dikit. Akhirnya aku deal dan langsung transfer uang ke rekening si seller. Habis itu aku konfirmasi kalau aku udah transfer. Setelah itu, aku pun langsung putus kontak sama seller. HP dia gak aktif, char di game juga gak bisa dihubungi, intinya aku ketipu. Agak kaget juga sih walau sebenernya udah ngerasa bakalan kena tipu, tapi untungnya gak terlalu sebel karena emang jumlah uangnya gak banyak, wekekekek.

Tapi dari pengalaman itulah akhirnya aku lebih hati-hati dalam transaksi online. Tapi kadang agak bandel juga sih...
Kadang transaksi sama seseorang (di Kaskus) tanpa rekber, karena jumlah uang yang gak besar dan sellernya bener-bener terpercaya (menurut pandanganku). Alhamdulillah enggak pernah dapet kejadian buruk, barang selalu sampai dengan selamat di rumah.
Tapi kalau keluar duit banyak, misal ratusan ribu, wah... mending pakai rekber atau COD dah :D

Jadi, buat kalian yang juga suka berbelanja online, harap selalu waspada!
Periksa baik-baik seller dan testimoninya (termasuk yang ngasih testimoni, siapa tahu yg ngasih testimoni tuh klonengan dia XD~), sebisa mungkin pakailah rekber/pihak ketiga, kalau seller nolak rekber apalagi gak mau COD alias ketemuan langsung, mending batalin aja deeeeh... :D

Note: kalau mau berhubungan dengan seller/buyer lewat telepon, pastikan berdoa dulu, lumayan buat antisipasi hipnotis :D

1 komentar:

  1. Klo di mari Ekiosku.com Jual Beli Online Aman Menyenangkan udah pernah coba belum gan ?

    Ane sih belum pernah coba jual beli online ,baru sekedar ikutan lomba seo doang :)



    BalasHapus