Rabu, 15 Desember 2010

Tips Mengatasi Selulit

Selulit adalah salah satu problem kulit yang cukup mengganggu karena adanya timbunan lemak berlebih di bawah lapisan kulit, biasanya disertai dengan stretchmark. Biasanya, problem kulit ini terdapat di kaki, mulai dari paha sampai betis. Nah, pasti pada bingung, apaan sih selulit? apa pula tuh sretchmark?

- Selulit: ciri-cirinya seperti kulit jeruk, tidak rata/tidak mulus. Permukaan kulit seperti bergelombang kecil-kecil dan tidak rata.
-Stretchmark: garis-garis putih pada kulit yang umumnya menyertai selulit.

Dua problem kulit ini tidak hanya terjadi sama orang gemuk atau kelebihan berat badan. Orang yang langsing pun bisa saja punya selulit atau stretchmark.


Cara Mengatasi Selulit

1. Diet Makanan
Selulit terjadi karena kelebihan lemak di jaringan kulit. Jadi cara yang paling baik adalah dengan tidak makan makanan yang salah. Misalnya yang mengandung banyak gula, garam, lemak, atau minyak.
Perbanyak makan sayuran, buah atau nasi merah. Sebisa mungkin hindari gorengan. Jangan lupa untuk minum air 8 gelas per hari untuk menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit.

2. Olahraga
Olahraga menghilangkan selulit bisa bermacam-macam. Misalnya bersepeda, joging, atau jalan cepat. Gerakan kaki/paha ini bisa membakar lemak di kaki, membentuk otot paha, sekaligus menghilangkan selulit.
Olahraga lain yang bisa menghilangkan selulit misanya peregangan. Duduk dengen kaki lurus d lantai, lalu cium lutut. Tarikan yang terjadi pada paha atau kaki bisa untuk mencegah dan mengurangi selulit.
Lakukan juga gerakan mengayuh sepeda dalam posisi tidur. Lakukan secara perlahan-lahan dan kontinyu setiap hari.
Gerakan olahraga kaki lainnya adalah berbaringlah, lalu angkat kedua kaki tegak lurus dengan badan, turunkan, naikkan, begitu seterusnya. Setelah itu lakukan satu-satu kaki, misalnya kaki kanan naik dan tegak lurus badan, turunkan, lalu naikkan lagi, dst.

3. Pemijatan
Pemijatan juga bisa mengurangi selulit. Ketika Anda luluran, Anda bisa memijat bagian tubuh yang terkena selulit secara perlahan-lahan.
Anda juga bisa memakai bubuk kopi. Banyak orang yang percaya bahwa bubuk kopi bisa mengurangi selulit. Beri air/minyak zaitun pada bubuk kopi lalu usapkan pada bagian tubuh yang mengalami selulit (seperti lulur). Pijat secara perlahan dan lakukan kontinyu setiap harinya.

4. Berjalan
Gerakan berjalan ternyata bisa mengurangi lemak di kaki, dan otomatis bisa mengurangi selulit. Jadi, Anda jangan malas untuk berjalan kaki. Selain menguatkan tulang, membentuk otot, selulit juga bisa hilang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar